Mengenal Sejarah Balon dan Mercon, Apakah Benar Tradisi Kabupaten Ponorogo?

- 17 Mei 2024, 12:10 WIB
Mengenal Sejarah Balon dan Mercon, Apakah Benar Tradisi Kabupaten Ponorogo?
Mengenal Sejarah Balon dan Mercon, Apakah Benar Tradisi Kabupaten Ponorogo? /Istimewa

PonorogoNews.com - Beberapa waktu lalu ada kejadian memilukan, pasalnya dalam dua hari ada dua insiden mercon meledak di Kabupaten Ponorogo. Kejadian ini bisa menjadi pelajaran bagi masyarakat.

Sebagaimana diketahui, masyarakat di Kabupaten Ponorogo memiliki kebiasaan unik, yakni membuat balon udara dan Mercon setiap menjelang lebaran atau sesudah lebaran.

Pihak terkait sebenarnya sudah memberikan peringatan pada masyarakat, bahwa menerbangkan balon bisa menimbulkan kecelakaan bagi penerbangan komersial.

Sementara membuat dan menyalakan Mercon bisa menimbulkan bahaya, terlebih jika mercon (petasan) yang dibuat cukup besar. Terbukti pada kejadian beberapa waktu lalu ledakan mercon membuat satu nyawa melayang.

Terkait hal tersebut, Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko mengatakan masyarakat diharapkan agar tidak kembali menyalakan mercon yang membahayakan nyawa.

Baca Juga: Pesona Kecamatan Ngrayun Ponorogo, ini Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi

"Ini kan kita sudah berkali-kali ingatkan, yang mudharat jangan dilakukan," tegasnya, Rabu (15/5/2024).

Menurutnya, kegiatan menerbangkan balon udara, ataupun menyalakan mercon hingga menimbulkan korban adalah kebahagiaan yang sesaat. Bukanlah kegiatan yang selama ini dianggap tradisi oleh segelintir masyarakat.

"Kemudian kalau terjadi kecelakaan yang mengakibatkan nyawa melayang apalagi bundas kabeh, pipine elek, trus sing rugi sopo?," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Wibbiassiddi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah