Empat Tradisi Unik di Kabupaten Ponorogo, Ada Grebeg Suro yang Dinanti Wisatawan Mancanegara

- 20 Mei 2024, 14:10 WIB
Empat Tradisi Unik di Kabupaten Ponorogo, Ada Grebeg Suro yang Dinanti Wisatawan Mancanegara
Empat Tradisi Unik di Kabupaten Ponorogo, Ada Grebeg Suro yang Dinanti Wisatawan Mancanegara /PonorogoNews

PonorogoNews.com - Ponorogo sebagai kota yang dikenal dengan budaya khas Reog Ponorogo, tidak hanya terkenal dengan kesenian tradisionalnya tetapi juga dengan masyarakatnya yang sangat kental akan kebudayaan dan tradisi.

Salah satu wujud nyata dari kekayaan budaya ini adalah berbagai tradisi perayaan yang digelar untuk memperingati hari-hari besar.

Masyarakat Ponorogo memiliki cara unik untuk merayakan hari-hari penting, baik yang bersifat keagamaan, nasional, maupun tradisional. Setiap perayaan selalu diwarnai dengan berbagai acara yang menggambarkan kekayaan budaya lokal dan semangat kebersamaan warga Ponorogo.

Baca Juga: Berapa Total Anggaran Pembangunan Panggung Ekraf di Kabupaten Ponorogo, Total Rp1,2 Miliar?

Salah satu tradisi yang melekat ketika menyambut hari besar adalah Grebeg Suro yang selalu ditunggu oleh masyarakat. Biasanya Grebeg Suro dilakukan setiap bulan Muharam (Suro), acara ini juga dijadikan untuk memperingati hari jadi Kabupaten Ponorogo.

Pada Grebeg Suro 2024 ini akan berlangsung pada Juni, kini pihak terkait sudah melakukan persiapan-persiapan. Termasuk menggandeng beberapa sponsor.

Sebagaimana diketahui, Grebeg Suro 2024 ini diharapkan tanpa gunakan APBD. Pasalnya, Pemkab hanya menyedot 5 persen atau Rp 480 juta dari APBD, untuk anggaran Grebeg Suro 2024 dengan total sebesar Rp5,8 miliar.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Ponorogo, Judha Slamet Sarwo Edi, mengatakan untuk memenuhi dana Rp5,8 miliar pihak terkait akan mencari sponsor.

Baca Juga: Bandara Dhoho Kediri Siap Buka Rute Luar Jawa, Ini Maskapai dan Harga Tiketnya

Halaman:

Editor: Wibbiassiddi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah